BUDIDAYA IKAN OSCAR

Ikan Oscar dengan nama latin (Astronatus Ocellatus) merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari sungai Amazone, Panama, Rio-Paraguay dan Tio-Negro Amerika Selatan, serta sudah dapat dibudidayakan di Indonesia.

Ikan Oscar mempunyai bentuk dan warna yang menarik. kehitam-hitaman dengan batikan berwarna kuning kemerah-merahan. Tidak seperti ikan hias lain, ikan oscar memerlukan perlakuan sedikit khusus pada cara perkembangbiakannya, sehingga ikan Oscar ini termasuk ikan yang sangat mahal. Untuk jenis-jenis oscar pun beragam.
PEMIJAHAN
1) Pemilihan Induk 
Induk yang baik untuk dipijahkan sudah berumur 1,5 tahun sampai 2 pemilihan induk dimulai saat ikan Oscar masih remaja (5 ~ 6 bulan), dengan cara mencampurkan 5 ekor jantan dan 5 ekor betina. Ikan Oscar remaja ini akan mencari pasangannya sendiri-sendiri. maka kita pisahkan di bak tersendiri sampai menjadi induk.

2) Perbedaan Induk Jantan dan Betina
Induk Jantan Induk Betina
- panjang badan relatif lebih panjang
- induk yang telah matang
- lubang kelamin lebih besar

3) Cara Pemijahan
  1. air yang telah diendapkan selama 12 ~ 24 jam setinggi 30 ~ 40 cm. 
  2. Sepasang induk Oscar yang telah matang telur dimasukkan ke dalam bak.
  3. Pada setiap kolom diberi batu gepeng yang berwarna gelap.
  4. Telur yang berada di atas batu gepeng tersebut yang telah dibuahi diangakat dimasukkan ke dalam aquarium untuk ditetaskan. Aquarium berukuran 70 x 40 x 40 cm3 diisi air setinggi 10 cm, untuk telur sepasang induk.
  5. Selesai 3 hari biasanya telur-telur mulai menetas. 
PEMELIHARAAN BENIH
Benih ikan ini sampai berumur 4 hari belum perlu diberi makan, karena Pada hari ke 5 benih diberi makanan Rotifera. 3) Pada hari ke 10 sudah bisa diberi kutu ari yang telah disaring. Setelah berumur 2 minggu benih mulai diberi kutu air tanpa disaring dan Benih sudah dapat dipindahkan ke bak/kolam yang lebih luas setelah berumur 25 hari.

PEMBESARAN
Pembesaran ikan dilakukan setelah benih berumur 25 hari. Benih yang dihasilkan kira-kira 1000 s/d 3000 ekor untuk satu kali Bak yang digunakan berukuran 2 x 1 x 1 m3, dan diisi air setinggi 20 - 25 cm. Untuk pertama kali pembesaran dapat ditebar kurang lebih 300 ekor ikan. Untuk mengurangi teriknya matahari pada siang hari, di dalam bak diberi tanaman air seperti eceng gondok dan Hidrilla Verticilata. Untuk mencegah masuknya air hujan terlalu banyak, pada bagian atas bak ditutup sebagian dengan seng plastik. Penjerangan dilakukan setelah benih berada di bak selama sebulan dengan jumlah menjadi 200 ekor Makanan yang diberikan berupa cacing rambut. Setelah ikan berumur 5 ~ 6 bulan, ikan sudah dapat dipilih untuk dijadikan induk

ok sahabat Aquaris, selamat sukses dengan pembiakan ikan OSCAR"


Category Article , ,

What's on Your Mind...

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Komentar

Google Ping My page rank Ping O-matic Pingonat

Koleksi Budidaya

Download