Jenis-jenis Frontosa


Jenis-jenis Frontosa
Frontosa terdiri dari beberapa jenis, diantaranya:
  1. Frontosa yang memiliki enam strip itu biasanya yang banyak di jual pasaran. Jenis ini berasal dari daerah Burundi. Lima strip terdapat di bagian badan dan satu strip di bagian kepala.
  2. Jenis yang memiliki tujuh strip berasal dari Kigoma. Enam strip berada di badan dan satu melintasi bola mata. Jenis ini memiliki warna yang agak kekuningan di bagian “punggung” (bagian atas dekat sirip atas).
  3. Sedangkan yang berasal dari Zambia memiliki enam strip dan satu strip yang lebar sekitar “hidung”.
  4. Jenis berikutnya berasal dari Mpimbwe di Zaire. Yang ini memiliki enam strip.
  5. Jenis yang terakhir ditemukan di sekitar Kilipi di Tanzania. Jenis ini di kabarkan sebagai persilangan antara yang berasal dari Kigoma dan Zambia.
Ikan ini tumbuh hingga 35 cm dan nonong kepalanya. Tubuh belang hitam – putih dan kebiruan. Ikan betina biasanya tidak mempunyai nonong. Hanya ada satu jenis dalam 1 marga tetapi banyak varian dalam hal warna karena asalnya yang berbeda. Terdapat beberapa varian warna karena tempat yang berbeda, di antaranya varian Burndi, Zambian, Mpimbwe, Kasanga Blue, Ikola, Samazi, dan Zaire.

Status konsiervasi tidak tercatat. Distribusi dan habitat di alam hanya terdapat di Danau Tanganyika, di daerah Burundi, Zambian, Mpimbwe, Kasanga, Ikola, Samazi dan Zaire. Ikan siklid Afrika ini berharga mahal sebagai ikan hias karena pertumbuhannya sangat lambat. Banyak dikoleksi penghobi. Beberapa jenis nilainya hingga jutaan rupiah. Frontosa berkembang biak dengan mengeram di mulut dengan jumlah telur kurang dari 100 butir.

Ikan hias jenis Frontosa agak jarang dijumpai, di pedagang ikan hias biasanya hanya ada satu atau dua ekor saja dalam satu akuariumnya. Perawatannya juga tidak mudah, karena ikan ini biasa hidup di PH yang basa dan banyak mengandung mineral seperti kehidupannya di danau tanzania yang berbatu-batu. Ikan ini hanya disenangi oleh para hobbiest saja. Corak warna yang garis-garis memang mirip ikan nineteenine ini adalah ikan yang agak mudah dicampur sesamanya dengan ukuran badan yang sama. Frontosa akan menjadi menarik untuk dilihat bila sudah mencapai dewasa atau sekitar lebih dari 15 cm. Jenong besar di kepala untuk yang pejantan akan membuat wajahnya mirip kera/monyet. Garis warna biru hitamnya (zaire ) tampak indah dipandang mata. Waktu masih ukuran kecil, sekitar 2 cm hingga 5 cm, mirip dengan Cichlid Tilapia butikoferi. Kadang penjual yang tidak jujur, sering menjual ikan jenis ini sebagai anakan frontosa.

Frontosa mempunyai banyak varian/jenisnya. di foto di link ini (http://www.goldenfishaquarium.com/Kigoma-Frontosa.gif) adalah jenis kigoma. Jenis ini yang paling banyak beredar dipasaran Indonesia. Untuk jenis yang berwarna biru indah antara lain F.Moba, F.Kipili Blue, F.Zaire dan F.Blue Kapampa. Yang biru gelap varian dari Frontosa Kongo. Varian yang terbaru adalah biru polos, tapi birunya tidak sebiru jenis diatasnya. bahkan waktu surfing di net, ada yang hitammnya mencapai 85% di kiri kanan tubuhnya. Mungkin ini adalah hasil mutasi gen.


Category Article ,

One Response to “Ikan Hias Aceh (AQUARIS)”

What's on Your Mind...

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Komentar

Google Ping My page rank Ping O-matic Pingonat

Koleksi Budidaya

Download