Penetral pH Air Sederhana untuk kolam hias

  
Derajat Keasaman
Derajat keasaman (pH)  yang baik untuk budidaya ikan adalah 5.5-9.0. Meskipun ikan masih dapat bertahan di luar kisaran pH tersebut namun produksi yang dihasilkan rendah. Jika pH terlalu tinggi (basa) dapat diturunkan dengan menggunakan kapur pertanian (CaCO3).

Cara mengukur pH air
PH meter adalah alat untuk mengukur tingkat keasaman dan kebasa-an air minum. Keasaman dalam larutan itu dinyatakan sebagai kadar ion hidrogen disingkat dengan [H+], atau sebagai pH yang artinya –log [H+]. Dengan kata lain pH merupakan ukuran kekuatan suatu asam. pH suatu larutan dapat ditera dengan beberapa cara antara lain dengan jalan menitrasi larutan dengan asam dengan indikator atau yang lebih teliti lagi dengan pH meter. Pengukur PH tingkat asam dan basa air minum ini bekerja secara digital, PH air disebut asam bila kurang dari 7,

Tingkat Keasaman Rata - Rata Air Hujan (sumber BMG)
Laboratorium Kualitas Udara telah menganalisa kandungan kimia di dalam beberapa sampel air hujan yang telah masuk untuk pengamatan. Tingkat keasaman rata   rata menunjukan tingkat keasaman diatas ambang batas yakni 5,6 kecuali stasiun Pulau Baii sebesar 5,80. Tingkat keasman paling tinggi tercatat di Stasiun BMG Pusat dan stasiun Bandung yakni 4,72.

Pembuatan alat Penetral air Kolam Hias
 Penetral pH air ini sangat dianjurkan digunakan apa bila air hujan dapat masuk ke kolam dalam jumlah banyak ini disebabkan pH air hujan di bawah netral (kadar keasaman tinggi). Kita dapat menambahkan penetral pH air sederhana ini yang terbuat dari campuran potongan pelepah atau pohon pisang, arang dengan kerikil yang dimasukkan ke dalam botol kemasan air minum ukuran 1 ltr dengan perbandingan 1: 1 : 1. Pada badan botol kemasan air minum kita buat beberapa lubang sebagai tempat keluarnya air. Penetral pH ini bisa dipasang di ujung buangan penyaring air buatan.

Keterangan dari alat penetral air sederhana untuk kolam hias:
  1. Batu kerikil dapat pula sebagai aerasi,
  2. Pelepah atau batang pisang meningkatkan pH air hujan yang rendah (menurunkan kadar keasaman air)
  3. pH rendah = kadar keasaman tinggi
  4. Arang dapat menyerap kadar amoniak dalam air kolam
  5. Penggantian isi dari penetral air buatan ini dapat dilakukan 1 bulan sekali pada saat musim hujan dan 3 bulan sekali saat musim kemarau.


Category Article ,

What's on Your Mind...

Entri Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

Komentar

Koleksi Budidaya

Download